RESUME MAHASISWA GENERASI MUDA BERINTEGRITAS ANTI KORUPSI


Dalam materi yang berjudul "Generasi Muda Berintegritas Anti Korupsi" yang dibawakan oleh bapak Prof. Dr. Haryono Umar, SE., Ak., M.Sc., CA - Guru Besar UMJ dan Wakil Rektor Perbanas Institute. Indonesia dikenal bahwa sebagai negara kerajaan maritim yang terkenal dengan pejuangnya. Kita harus belajar 3 karakter, yaitu :

  1. Kompetensi
  2. Skill
  3. Aqidah/Integritas
Korupsi adalah tindakan penyalahgunaan kekuasaan atau posisi yang dilakukan oleh seseorang yang berada di dalam suatu lembaga atau organisasi, baik itu pemerintahan, swasta, maupun non-pemerintahan, untuk memperoleh keuntungan pribadi atau golongan tertentu secara ilegal. Korupsi dapat melibatkan berbagai bentuk tindakan seperti suap, pemerasan, penyuapan, penyalahgunaan anggaran, penggelapan dana, nepotisme, dan banyak lagi.

Dampak korupsi sangat merugikan masyarakat dan negara. Praktik korupsi menghambat pembangunan ekonomi, merusak pelayanan publik, menciptakan ketidakadilan sosial, dan mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan lembaga-lembaga negara. Korupsi juga dapat menyebabkan ketimpangan ekonomi, ketidakmerataan distribusi kekayaan, serta memperburuk kondisi kemiskinan.

Adapun contoh tersangka korupsi:

  1. Edhy Prabowo, suap pengurusan ekspor benih lobster tahun 2020.
  2. Nurdin Abdullah, suap dan gratifikasi pengadaan barang dan jasa, perizinan.
  3. Juliara Peter Batubara, korupsi dana bansos covid-19

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME MAHASISWA UNUSA DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya targetkan menjadi Kampus terbaik di Asia Tenggara

RESUME MAHASISWA UNUSA BERINTELEKTUAL DENGAN ANTI KEKERASAN SEKSUAL, ANTI PERUNDUNGAN MENJADI REMAJA ASYIK TANPA USIK