Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya targetkan menjadi Kampus terbaik di Asia Tenggara




Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di sebuah negara yang mana memiliki fungsi sebagai Agent of Change dalam sebuah negara yang dapat menciptakan kaum intelektual yang cerdas, kreatif dan kompetitif. Anggapan ini bukanlah hal yang berlebihan, pasalnya pendidikan tinggi merupakan wadah kelembagaan tertinggi yang harus digeluti seseorang dalam dunia pendidikan sebagai manifestasi dari sebuah harapan untuk menjadi seseorang yang handal dan siap pakai.

Surabaya memiliki banyak perguruan tinggi yang sangat berpengaruh penting bagi kemajuan pendidikan bangsa kita. Berbagai macam jenis perguruan tinggi mulai dari Universitas, Institut, Politeknik, dsb. Salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki dasar Islami yang ada di Surabaya adalah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA).

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) sendiri memiliki misi penting dengan menargetkan sebagai Universitas terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 20230 mendatang, hal itu dikatakan langsung oleh Wakil Rektor UNUSA yakni, Prof. Kacung Marijan MA, PhD sembari mengungkapkan bahwa "UNUSA sudah memasuki 100 besar Universitas terkemuka, yakni pada peringkat 58 besar", ujarnya, Senin (3/4/2023).

Dalam penelitian Lembaga pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics) baru saja merilis peringkat universitas di seluruh dunia per Juli Tahun 2023. UNUSA  sebagai Universitas Islami menempati 10 Kampus PTS terbaik di Indonesia, dan peringkat 38 dari PTN/PTS di Indonesia. 10 PTS terbaik itu adalah: (1) Telkom University, (2) Universitas Bina Nusantara, (3) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, (4) Universitas Muhammadiyah Malang, (5) Universitas Mercu Buana, (6) Universitas Muhammadiyah Surakarta, (7) Universitas Achmad Dahlan Yogyakarta, (8) Universitas Guna Darma, (9) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, dan (10) Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Hal tersebut menjadikan lompatan jauh dari sebelumnya yang menduduki peringkat 119 dan 106 dari PTN/PTS di Indonesia.

Prof. Kacung Marijan MA, PhD juga menambahkan, "Bahwa kita semua harus mengingatkan kepada Sivitas Akademika UNUSA untuk tidak cepat berpuas diri, melainkan terus memperbaiki diri, khususnya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. “Kita ingin UNUSA menjadi salah satu universitas terkemuka di Asia Tenggara di masa mendatang, dan untuk mencapai hal itu jelas tidak mudah. Tetapi, semoga UNUSA diberi jalan dan kemudahan menuju arah itu,” Ujarnya.

Referensi :

  1. UNUSA Masuk 58 Terbaik PTN/PTS di Indonesia
  2. UNUSA Targetkan Jadi Universitas Terkemuka di Asia Tenggara Pada Tahun 2030
  3. UNUSA Masuk 10 Kampus PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometric 2023
Lihat juga blog teman saya :
Sosial Media UNUSA :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME MAHASISWA UNUSA DALAM IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

RESUME MAHASISWA UNUSA BERINTELEKTUAL DENGAN ANTI KEKERASAN SEKSUAL, ANTI PERUNDUNGAN MENJADI REMAJA ASYIK TANPA USIK